3/21/2009

Pilih..Pilih...Pemilihan...


Pemilu sebentar lagi.. banyak parpol yang wuihhh bikin banyak masyarakat kebingungan pilih yang mana. Nah, untuk itulah saya tuliskan 4 hal saja untuk memudahkan dalam memilih nanti.

Menurut saya, intinya dari parpol - parpol itu sebenarnya hanya ada empat kubu, yaitu :

1. Kubu " Nasionalis "
Kubu ini menjadikan Pancasila dan UUD sebagai landasannya ( walaupun sebenarnya semua partai juga begitu..)tapi yang nasionalis itu sangat amad berpegang pada kedua landasan hukum tersebut.
Kubu Nasionalispun terbagi menjadi dua, yaitu yang nasonalis islam dan nasionalis sekuler.Untuk hal ini kita tidak peru bahas secara mendalam karena...you know..;))

2. Kubu " Purnawirawan "
Kubu ini isinya jendral semua..jendral - jendral yang alih profesi jadi presiden.seperti kita tahu, dari zaman orla, orba bahakan reformasipun peranan jendral ini sangat signifikan dalam meramaikan pesta demokrasi di Indoneia.
Kubu purnawirawan ini pun terpecah menjadi dua, yaitu purnawirawan yang sangat TNI banget dan purnawirawan yang nyantri:D.

3. Kubu " Islami "
Partai yang berlabel islam ini cukup marak di Indonesia, namun ada yang perlu kita garis bawahi bahwa melihat kenyataannya, partai - partai islam ini tetap masih terkontaminasi hal - hal lainnya. Karena itu saya membagi kubu inipun menjadi dua bagian, pertama yang bersifat islam murni dan islam moderat.
Pilih sendiri ya..

4. Kubu " Independen "
Ini kubu yang paling kontroversi karena calon presidennya bukan dari satu partai tertentu. Menurut saya kubu ini adalah yang paling ngaco..coba bayangin aja hanya ada dua option dari kubu ini, golput ato milih...halah...

Nah..itulah sedikit garis besar mengenai parpol di Indonesia, jadi..mo contreng yang mana??

dLapaN contreng aja ya...

^_^

kalo ada sumur di ladang
bolehlah saya numpang mandi
kalo ada kata-kata yang sedikit lancang
mohon jangan dilapor ma polisi..

Tidak ada komentar: